WOHD atau World Oral Health Day adalah hari yang digunakan untuk memperingati sekaligus untuk mengampanyekan pentingnya Kesehatan gigi dan mulut. Acara ini diperingati setiap tahunnya pada tanggal 20 Maret.Pada mulanya WOHD diinisiasi oleh (FDI World Dental Federation) pada tanggal 20 Maret 2013. Pada tanggal itu pulalah sejarah baru dalam bidang kedokteran gigi terselenggarakan dan menjadi tonggak awal event WOHD diadakan pada tahun-tahun berikutnya.
WOHD yang semula diadakan di luar negeri itupun akhirnya juga diselenggarakan di Indonesia. Beberapa kampus kedokteran gigi di Indonesia juga ikut andil dalam peringatan acara ini. Bentuk acara WOHD di beberapa kampus pun berbeda-beda, ada yang berupa webinar, bakti sosial, dan berbagai perlombaan. Hal-hal ini juga dilakukan di Fakultas Kedokteran gigi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dalam rangka memperingati WOHD, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Surakarta bersama PSMKGI FKG UMS dan BEM FKG UMS menyelenggarakan acara berupa penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, pembagian paket pasta gigi gratis dan kontes foto. Kegiatan ini diselenggarakan pada Minggu, 20 Maret 2022 di beberapa lokasi, yakni Manahan, Area Pasar Gede dan Area Glabo PGS.
Kegiatan ini diharapkan sebagai sarana edukasi untuk dapat meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya kota Surakarta dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Photo by BEM FKG UMS

TIM MEDKOMINFO FKG UMS